Orang Pendek

Posted: April 16, 2012 in Hewan, Hewan Misterius
Tag:
Image
Orang Pendek adalah sesosok mahluk yang keberadaannya sudah sangat melegenda di kalangan Suku-suku pedalaman di Sumatera. Orang Pendek digambarkan memiliki tubuh seperti kera namun berjalan tegap seperti manusia. Pada era penjajahan Belanda  ada banyak laporan penampakan mahluk aneh yang diduga sebagai Orang Pendek yang dialami oleh Penduduk local Sumatera maupun yang dialami oleh orang-orang belanda. Kebanyakan saksi mendeskripsikan Orang Pendek memiliki tinggi tubuh tak kurang dari 1 meter, seluruh tubuhnya ditutupi bulu  kecuali bagian wajah, berjalan tegap seperti manusia, memiliki telapak kaki terbalik, dan yang paling mengejutkan adalah Orang Pendek ini kadang terlihat sedang memegang sebuah senjata seperti tombak di tangannya.
Salah satu penampakan Orang Pendek adalah yang dialami oleh Mr Van Heerwarden yang merupakan seorang peneliti Zoologi. Pada tahun 1923 Van Heerwarden sedang melakukan penelitian di Taman Nasional Kerinci Seblat, dan pada saat melakukan penelitiaan itulah  Van Heerwarden mendapatkan pengalaman bertemu dengan sekelompok Orang Pendek yang ia deskripsikan memiliki bulu gelap diseluruh tubuhnya dengan tinggi setara dengan anak berumur 4 tahun. Saat menyadari keberadaan Van Heerwarden mahluk-makhluk tersebut langsung lari menghindar dan masuk ke dalam hutan. Hal yang paling membuat Van Heerwarden terheran adalah sebagian makhluk tersebut terlihat sedang membawa semacam alat seperti tombak di tangannya dan mereka berjalan tegap seperti manusia , meskipun menurutnya makhluk tersebut memiliki tubuh yang lebih mirip dengan seekor siamang daripada manusia. Bentuk makhluk yang aneh tersebut membuat Van Heerwarden berpikir bahwa mungkin makhluk tersebut belum pernah dikenal dunia sains sebelumnya.
Pada tahun 1918, seorang pemburu melihat jejak kaki yang mirip dengan jejak kaki manusia namun dengan bentuk dan ukuran yang sangat tidak biasa. Saat sang pemburu sedang menyusuri area hutan tersebut ia dikejutkan dengan sesosok makhluk berbulu hitam lebat sedang memanjat diatas pohon. Dan beberapa bukti sekunder sehingga banyak yang meyakini bahwa keberadaan Orang Pendek Sumatera memang bukan hanya Legenda.

Image

Sampai saat ini Sudah banyak sekali ekspedisi dilakukan untuk mencari kebaradaan makhluk ini(paling banyak dilakukan di Taman Nasional Kerinci). Dan rencananya, pada tahun ini(2011) Britain’s Center for Fortean Zoology (CFZ) akan melakukan sebuah ekspedisi di pedalaman hutan Sumatera untuk menyelidiki Orang Pendek. Ekspedisi tersebut rencananya akan dipimpin oleh Adam Davies. Sebelumnya pada tahun 2009 CFZ juga pernah melakukan ekspedisi Orang Pendek di Sumatera, pada ekspedisi 2009 tersebut dua orang  anggota CFZ yaitu Dave Archer dan Sahar Didmus mengaku melihat orang pendek sedang berdiri di dekat sebuah pohon dengan mata kepala mereka sendiri. Tim tersebut juga mengklaim telah berhasil menemukan jejak kaki yang diyakini milik orang pendek.

ImageImage
Siapa atau apa sebenarnya Orang pendek itu sampai sekarang masih menjadi misteri karena tak ada satupun yang berhasil ditangkap hidup-hidup atau minimal pernah ditemukan bangkainya. Beberapa ahli berpikir bahwa Orang Pendek adalah sisa-sisa dari Homo floresiensis (Dijuluki hobbit), manusia purba dari Flores yang punah ribuan tahun lalu yang berhasil bertahan hidup hingga sekarang, karena cirri-ciri Orang Pendek yang dikatakan oleh para saksi sangat mirip dengan karakteristik Homo floresiensis. Lalu benarkah bahwa Orang pendek adalah Homo floresiensis yang bisa bertahan hidup hingga zaman modern ini?       :-/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s