Bunyip

Posted: April 17, 2012 in Makhluk, Makhluk Misterius
Tag:

Bunyip yang berarti iblis atau roh jahat adalah hewan mistik yang berasal dari cerita rakyat Australia. Berbagai gambaran dan penjelasan tentang monster ini telah diberikan sejak jaman kolonial di australia.Monster yang tercatat dalam Mythologi aborigin ini juga dipastikan adalah jenis hewan yang hampir punah. Mereka dipercaya berhabitat di rawa, telaga, jeram, pinggiran sungai dan kubangan . Dalam bahasa wergaia yang merupakan salah satu  bahasa aborigin, mereka disebut Wemba-wemba.

Image

Bunyip sendiri sangat terkenal di australia, konon ada 9 jenis bunyip yang ada di sana. Ini ga becanda lo, emang kayanya beneran 9 macem deh..

Bunyip sendiri artinya iblis ato roh jahat dalam bahasa aborigin. Penduduk disekitar murray river di aussie yang biasa dikenal dengan suku moorundi bilang kalo bunyip itu artinya roh air.
Bentuk bunyip pun beda-beda, tergantung bunyip dari daerah mana, ada yang bilang kalo bunyip itu punya muka kaya anjing, bulunya item, ekornya kata kuda, tangannya bersirip dan punya tanduk kaya walrus. Ada juga yang bilang kalo bunyip itu lebih gede dari orang, gendut dan buruk rupa dengan bulu berwarna item di sekujur tubuhnya, kadang malah ada yang bilang kalo bunyip itu berleher panjang dan punya sisik dan ada selaput di jari-jarinya.
“Bunyip, punya karakteristik dari burung dan buaya. Kepalanya mirip emu,-emu sendiri adalah burung terbesar kedua di aussie, sedangkan badan dan kakinya kaya buaya, ekornya kaya sting ray, punya tangan yang kuat dan bercakar panjang, kalo di aer dia berenang kaya kodok dan kalo di darat dia jalan pake 2 kaki belakangnya. Dia juga membunuh mangsanya dengan cara memeluknya sampe mati.”—Peter Ravenscroft,
Image
Bunyip dikenal sebagai makhluk nokturnal, dia cuma keluar-keluar waktu malem. Di aussie sono, kalo pas malem-malem ada suara tangisan berarti si bunyip lagi berburu, mangsa favorit bunyip sendiri adalah anak-anak dan wanita. Bunyip juga dikenal sebagai pembawa wabah penyakit.
Tengkorak bunyip konon pernah ditemuin pada januari taun 1846 di tepian sungai murrumbidgee di new south wales, waktu itu tengkorak tersebut dibilang sebagai makhluk yang belum teridentifikasi secara ilmiah, tapi pada juli 1847 kerangka itu mule disebut sebagai kerangka bunyip, nih gambarnya:
Image
Tengkorak apakah itu ? Beberapa orang bilang percaya kalo tengkorak dari bunyip. Tapi ada juga yang bilang kalo itu mirip sama tengkorak diprotodon, tapi ga tau juga sih.. Tengkorak itu sendiri ada di australian museum selama 2 hari sebelum akhirnya ilang.
*jadi terserah gimana menurut lo mau percaya apa enggak gue gak maksa kok :D
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s