Manticore

Posted: April 17, 2012 in Hewan, Hewan Misterius
Tag:

Manticore

Image

Manticore ialah makhluk yang berasal dari mitologi Persia, julukannya “man eater-pemakan manusia” (Dalam bahasa timur tengah kuno, yaitu : kata مارتیا “Martya” yang berarti manusia dan خوار “Xwar” yang berarti memakan; Βάρἰκος Baricos dalam bahasa Yunani). Memiliki tubuh seperti seekor singa berwarna merah, berekor kalajengking dengan sengat yang mematikan, dan berkepala manusia.

Image

Manticore memiliki mata merah darah (kadangkala biru menyala), tiga baris deret gigi tajam dirahang atas dan bawah seperti ikan hiu, suaranya seperti terompet yang ditiup kencang, dan biasanya mereka mampu berbicara dalam bahasa sederhana seperti manusia. Manticore mampu melompat jauh dan makanan kegemarannya adalah daging manusia segar.

Makhluk angker ini sekilas mirip dengan Sphinx di Mesir. Cerita tentangnya pun berrvariasi pada setiap tempat. Ada yang mengatakan ia bertanduk, dan bersayap seperti sayap kelelawar. Ekornya seperti naga atau kalajengking, dan menembakkan duri beracun untuk melumpuhkan lalu membunuh korbannya, kakinya seperti kaki naga, tetapi yang paling populer seperti cakar singa.

ImageImage

Manticore sendiri berasal dari bahasa Inggris, terminologi dari bahasa latin Mantichora.Legenda tentang monster ini tersebar di daratan Eropa dan pertama kali diceritakan olehCtesias, seorang paranormal dari Yunani yang mengabdi pada raja Artaxerxes II.

Buku Description of Greece karya seorang ahli agama dari Yunani bernama Pausaniasmenceritakan tentang Manticore.

Monster yang digambarkan oleh Ctesias yang disebut Martichoras berbentuk, seperti harimau, tetapi memiiliki tiga buah taring dan sengat pada ekornya yang digunakan untuk mempertahankan diri. Ketika monster ini terluka,dia bisa menembakan racun seperti panah yang terlepas dari busurnya.

Image

Menurut mitologi India, Yunani, dan Persia, yang menyebutnya dengan Martichoras, makhluk ini berasal dari tanah India. Belakangan malah ada yang mengatakan, bahwa Manticore berada di hutan-hutan Asia, terutama di Hutan Indonesia persisnya (What?!!).

Manticore memiliki keahlian membunuh mangsanya dengan cepat, ia akan memakan habis sampai ketulang dan darah sekalipun. Dulunya ia hidup di hampir semua dataran asia kuno.
Ia digambarkan sebagai hewan liar sebesar singa yang paling besar, berwarna merah seperti kayu manis, rambut kusut mirip seekor anjing, dan dengan wajah manusia.


Tiga deret gigi dirahang atas dan bawahnya amat tajam dan besar kalau perlu tahu, ia memiliki telinga dan mata manusia, kaki dan cakarnya milik singa, ekor kalajengkingnya memiliki sengat tajam yang bisa ditebarkan seperti anak panah jika ada yang memburunya.

Makhluk apapun akan mati terkena sengatnya, kecuali gajah, yang tidak mampu ia bunuh. Ketika sengat-sengat itu telah diluncurkan maka akan tumbuh sengat-sengat baru, ia memproduksi sendiri senjata mematikan itu.
Alasan beberapa orang mempercayai monster ini walaupun belum pernah ada bukti-bukti yang memperkuat keberadaannya, adalah monster ini pemburu yang sangat handal, tak terlihat atau terdengar oleh mangsanya.

Ketika ada seseorang yang hilang di dalam hutan dan tidak ditemukan mayatnya, kemungkinan itu adalah ulah dari sang Manticore.

 

*kalau bertarung siapa juga yang bisa menang ?? menakutkan !! :-(||>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s