Aye – Aye

Posted: Mei 2, 2012 in Hewan, Hewan Aneh
Tag:

Image

Aye-aye atau dalam bahasa latinnya Daubentonia Gascarensis adalah sebuah strepsirrhine primata asli Madagaskar. Binatang yang tidak biasa ini tidak hanya memiliki genus sendiri (Daubentonia), tetapi juga keluarga sendiri (Daubentoniidae). Perdebatan telah berlangsung lama mengenai bagaimana mengklasifikasikan hewanyang ingin tahu ini apakah hewan pengerat atau primata. 

Image

Aye-aye mirip kucing rumah yang besar tetapi wajahnya mirip ferret atau weasel (sejenis musang), telinga mirip kelelawar yang dapat berputar dengan bebas.

Giginya tumbuh mirip gigi hewan-hewan pengerat. Matanya hijau tajam. Tangannya hitam dengan tulang jari tengah yang menonjol.

Babitatnya:
Aye-aye tinggal terutama di pantai timur Madagaskar. Habitat alami adalah hutan hujan atauhutan gugur, tetapi banyak hidup di daerah dibudidayakan karena laju deforestasi. Aye-AYahutan hujan, yang paling umum, tinggal di daerah kanopi, dan biasanya terlihat ke atas dariketinggian 700 meter. Mereka tidur pada siang hari di sarang dibangun di  pohon 

Meskipun beratnya hanya 4 pon di alam liar, binatang kecil ini dipandang sebagai pertanda kematian oleh masyarakat lokal di Madagaskar. Binatang ini bisa menembus jantung manusia saat tidur.Madagaskar adalah satu-satunya tempat di bumi di mana binatang ini bisa ditemukan di alam bebas.

Image

Aye-aye sering dianggap sebagai hewan pertanda kematian oleh masyarakat lokal di Madagaskar.

Menurut legenda masyarakat lokal, hewan ini bermata gelap, jari-jarinya panjang dan menjijikkan bahkan konon, hewan ini bisa menembus jantung manusia dengan jari tengahnya yang panjang saat manusia sedang tidur.

Padahal, sebenarnya binatang itu menggunakan jari tengah untuk mencari dan memanen larva serangga di pepohonan.

Itulah yang dilakukannya pada malam hari. Ia mengetuk-ngetuk dengan jari ke cabang-cabang pohon untuk mencari belatung dan larva di dalam kayu pohon.

Image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s