Goliath Tigerfish

Posted: Mei 3, 2012 in Hewan, Hewan Aneh
Tag:

Image

Ikan harimau goliath mungkin seperti itu kalau nama ikan ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Ya, ikan ini benar-benar mewakili nama yang diberikan padanya. Kuat dan jarang sekali ada yang berhasil memancingnya lalu juga mempunyai gigi-gigi tajam yang menurut beberapa situs yang membahas ikan ini  gigi-gigi tersebut sama kuatnya dengan gigi-gigi pada hiu putih dan juga memiliki rahang yang kuat serta otot-otot tubuh yang memungkinkannya berenang secara cepat. Ikan ini dilaporkan ada yang bisa tumbuh sampai 5 meter dan berat sekitar 77 kg. Goliath Tigerfish (Hydrocynus goliath) mampu berenang melawan arus dan mampu menghirup udara sehinga dapat hidup dengan oksigen yang sangat sedikit. Saat musim kemarau dan sungai mongering ikan ini membuat lubang dalam lumpur kemudian menyelubungi diri mereka dengan lendir.

Image

Tubuhnya memang seperti diciptakan untuk speed dan power. Seperti kendaraan lapis baja dengan sirip yang kuat dan selalu siap menerkam meski mulutnya tertutup. Ikan ini bahkan sering dijadikan permainan (game) mencari ikan dengan hadiah yang besar. Ikan ini dapat ditemukan di perairan air tawar Afrika. Ikan apa saja yang lewat di jalannya akan diterkam melalui rahangnya yang kuat dan gigi-giginya yang tajam mirip piranha. Ikan ini juga diketahui mampu memangsa ikan lain yang ukurannya lebih besar dari dirinya. Para pencari ikan juga mewaspadai jenis Goliath Tigerfish yang oleh National Geographic digambarkan sebagai “evolution on steroids”.

Image

Habitat asli ikan ini adalah di Sungai Kongo. Ikan ini memiliki teknik berburu mangsanya dengan berkelompok dan memanfaatkan kantong udara yang ada di tubuhnya yang dapat menangkap getaran frekuensi rendah yang dipancarkan mangsanya. Tidak ada hewan tertentu yang menjadi mangsa utama dari Goliath Tigerfish. Hampir semua hewan menjadi mangsanya termasuk hewan darat yang berada dekat dengan air. Kebrutalan hewan ini sama dengan kebrutalan piranha dalam memakan mangsanya.

 

Image

 

Beberapa laporan dari penduduk lokal mengatakan bahwa Goliath Tigerfish atau biasa disebut Mbenga pernah menyerang manusia dan bahkan memakan buaya. Hmm benar-benar  ikan yang sangat kuat dan berbahaya. Goliath Tigerfish memiliki masa hidup antara 10 – 15 tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s