Viper Fish

Posted: Mei 8, 2012 in Hewan, Hewan Aneh
Tag:

Seekor ikan viper penghuni Samudra Atlantik, adalah predator mengerikan di kedalaman, memamerkan senjata penjepit mangsanya: bintik-bintik berpendar untuk memikat mangsa di perairan gelap dan seperangkat taring ganas. Gigi-gigi itu untuk merampas lalu menelan makanan utuh-utuh.

Image

Viperfish adalah jenis ikan laut dalam, dengan genus Chauliodus, gigi seperti jarum dan rahang lebih rendah berengsel. Mereka tumbuh hingga panjang 30 sampai 60 cm (12 – 24 inci). Viperfish tinggal di dekat kedalaman rendah (250-5,000 kaki) di siang hari dan dangkal pada malam hari.

Viperfish terutama tinggal di perairan tropis dan subtropis. Ini adalah salah satu predator terhebat di bagian laut paling dalam dan diyakini untuk menyerang mangsanya dengan memikat korban dekat dengan sendiri dengan organ menghasilkan cahaya. Organ ini disebut photophore dan terletak di ujung tulang dorsal. Ini berkedip ini cahaya alami dan mematikan sementara pada saat yang sama bergerak tulang belakang punggung sekitar seperti pancing dan tergantung sepenuhnya masih dalam air, dan juga menggunakan organ sukarela alami memproduksi cahaya untuk berkomunikasi dengan calon pasangan dan saingan.

Image

Viperfish mempunyai variasi dalam hal warna antara hijau, perak dan hitam. Menggunakan taring-seperti gigi untuk melumpuhkan mangsanya, dan tidak akan mampu menutup mulutnya karena giginya yang panjang. Vertebra pertama di belakang kepala viperfish dikenal untuk menyerap kejutan serangan, yang terutama ditujukan terhadap dragonfish dan makhluk kecil lainnya. Mereka mampu menjalani waktu yang lama dengan makanan langka atau tidak.

Image  Image

Viperfish diyakini hidup sampai 30 tahun sampai 40 tahun tetapi di penangkaran jarang hidup lebih dari beberapa jam. Beberapa spesies lumba-lumba dan hiu diketahui memangsa viperfish. Para ilmuwan percaya bahwa viperfish dapat berenang dengan kecepatan dua kali dari panjang tubuh per detik tapi itu belum kecepatan resmi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s