Hantu Muka Rata

Posted: Mei 21, 2012 in Makhluk, Makhluk Astral
Tag:

Oke kali ini adalah giliran Hantu Muka Rata yang menjadi perbincangan kita. Sebenarnya Hantu Muka Rata ini ada banyak versi dan memang banyak tersebar diseluruh dunia juga seperti hantu tengkorak (jerangkong/thekthekan) yang telah lebih dulu dibahas pada pebahasan sebelumnya, entah kenapa hantu ini tersebar diberbagai wilayah dunia, mungkin karena adanya kebijakan transmigrasi atau yang lainnya didunia persetanan.

Hantu ini dalam berbagai penampakannya mempunyai berbagai macam bentuk, pakaian, dan asessorisnya oleh karena itu agak sulit untuk menjelaskan ciri-ciri atau bentuk penampakan dari hantu ini. Makhluk ini biasanya mengambil tampilan seseorang entah itu satpam, hansip, petani, orang asing (yang ngga dikenal), bahkan orang yang kita kenal, kemudian ada penjual sate, penjual nasi goreng, dan penjual lainnya yang lewat malam hari yang sepi. Namun satu ciri yang sama yaitu bermuka rata, tidak mempunyai alis, mata, hidung, kumis, bibir, mulut, maupun jenggot. Biasanya ia berjalan seorang diri ataupun berdiam diri disuatu tempat yang sepi yang kemudian apabila ada yang menegur atau mengajak dia berbicara ia akan memperlihatkan wajahnya yang rata dan menyeramkan (memang sih biasanya hantu memiliki wajah yang terluka, atau ada bagian wajah yang rusak agar telihat menyeramkan, akan tetapi hantu ini walaupun tidak mempunyai wajah tapi cukup menyeramkan dan membuat kaget yang melihatnya) hantu ini biasanya tidak akan bicara ketika ditanya atau diajak ngobrol dan selalu memalingkan wajahnya agar tidak kelihatan.

Image

Karena banyak versi tentang makhluk yang satu ini maka saya fokuskan untuk membahas dalam versi masyarakat sunda. Di masyarakat sunda, hantu ini disebut dengan nama aden-aden. Kemunculan hantu aden-aden di dalam kepercayaan masyarakat sunda adalah di saat sore dan sedang hujan rintik-rintik. aden-aden berpenampilan layaknya petani atau pekebun yaitu memakai dudukuy (topi dari anyaman bambu) dan memakai pakaian pangsi yang berwarna serba hitam. Hantu ini relatif tidak mengganggu dan mencelakakan karena biasanya dalam setiap penampakan Hantu Muka Rata . Hantu ini hanya menakuti orang-orang yang dijumpainya dengan menampakan wajahnya yang rata .

 

Makhluk Astral – Hantu Muka Rata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s