Hantu Ambulance

Posted: Mei 28, 2012 in Makhluk, Makhluk Astral
Tag:

Berbicara mengenai urban legend yang ada di kota bandung saya tertarik untuk mengangkat cerita mengenai Hantu Ambulance yang “mangkal” di jalan Bahureksa no 15. Tempat ini bagi sebagian orang terutama warga kota bandung tentunya sudah bukan tempat yang asing lagi. Jalan Bahureksa sendiri berada dekat dengan jalan Riau, sarangnya Factory-Factory Outlet.

Jalan Bahureksa merupakan jalan yang menghubungkan jalan Banda dengan jalan Sultan Agung. Di sepanjang jalan berjejer rumah-rumah peninggalan zaman Belanda karena pada masa lalu kawasan ini merupakan kawasan pemukiman Eropa. Di sepanjang jalan ini pula berjejer pohon-pohon besar dan rindang yang cukup meneduhkan. Jalan ini memang bukan jalan utama sehingga volume kendaraan di daerah ini cukup lengang, yaitu hanya pada waktu siang saja. Kendaraan lalu lalang di sini itupun karena terdapat sekolah yang cukup besar di jalan ini. Makanya kalau malam jalanan ini lengang atau sepi.

Image

Alkisah, di jalan ini terdapat sebuah rumah yang cukup populer, dengan trademark mobil ambulans yang selalu terparkir didepannya. Rumah peninggalan zaman kolonial ini selalu diidentikan dengan mobil ambulans yang konon ada ‘penghuni’nya itu. Entah mulai dari sejak kapan mitos ini berkembang. Mobil ambulans yang sudah sejak lama berada di tempat ini kabarnya enggan beranjak dari tempatnya. Benar-benar tidak mau. Aneh? Tentu saja. Beberapa kali mobil ambulans tersebut dipindahkan ke tempat lain dan beberapa kali itu pula mobil ambulans tersebut kembali ke jalan Bahureksa no 15 ini. Bahkan tidak sedikit orang bandung yang (katanya) pernah melihat mobil ini berjalan sendiri tanpa ada pengemudinya pada malam hari.

Tidak ada yang tahu bagaimana jejak Hantu Ambulance itu bermula. Namun dari keterangan (sumber-sumber) yang saya baca, dahulu waktu zaman kolonial rumah ini dihuni oleh keluarga Belanda. Pada suatu hari keluarga ini sedang melakukan perjalanan dan mengalami kecelakaan hingga akhirnya satu keluarga itupun meninggal. Mobil ambulans inilah yang mengantarkan jenazah keluarga Belanda ini dari tempat kecelakaan. Lalu kejadian aneh pun terjadi. Untuk beberapa saat rumah tersebut kosong dan mobil ambulans itu berada di tempat lain. Keesokan harinya mobil ambulans itu  sudah berada di depan rumah Bahureksa, tanpa diketahui siapa yang mengantarkannya. Penjaga rumah bingung. Akhirnya dia berinisiatif untuk mengembalikannya ke pihak rumah sakit. Ternyata keesokan harinya lagi- lagi mobil ambulans itu lagi-lagi sudah terparkir di halaman rumahnya tanpa diketahui supirnya. Kejadian ini terus berulang-ulang hingga akhirnya sang penjaga rumah memutuskan untuk membiarkan mobil ambulans tersebut terparkir di rumah milik keluarga belanda itu.

Image

Lambat laun cerita mengenai makhluk halus penghuni mobil ambulans itu meluas di masyarakat bandung, cerita ini juga semakin diperkuat dengan pengalaman-pengalaman beberapa orang yang (katanya) sempat mempunyai pengalaman yang aneh dengan kawasan Bahureksa dan tentunya mobil ambulans misterius ini. Saya jadi ingat salah seorang teman kakak saya yang kebetulan bekerja di studio foto terkenal di dekat jalan Bahureksa. Dia mempunyai pengalaman aneh dengan mobil ambulans ini. Ceritanya sepulang kerja sekitar jam setengah 10 malam dia mau menjemput pacarnya yang bekerja di jalan Dago dekat Taman Flexi. Untuk menghemat waktu, dari jalan Banda dia memotong melewati jalan Bahureksa, Perasaan dia ketika itu biasa saja. Tidak ada yang aneh. Lalu secara tiba-tiba perasaannya berubah ketika di pertengahan jalan Bahureksa dia berpapasan dengan mobil ambulans yang sama sekali belum pernah ia lihat. Sungguh berbeda dengan mobil ambulans pada umumnya. Mobil ambulans kuno, begitu kata teman kakak saya itu. Dari luar, dalamnya mobil ambulans kelihatan gelap dan sirine-nya tidak menyala. Setelah beberapa detik adegan berpapasan itu, dia menoleh ke belakang dan dilihatnya mobil ambulans kuno yang beberapa saat tadi melintas berlawanan arah dengannya sekarang sudah tidak ada entah kemana. Dalam kebingungan itu diapun  lalu menancap gas motornya agar segera sampai di tempat kerja pacarnya. Sejak saat itu dia tidak berani lagi untuk melintasi jalan Bahureksa di malam hari.

Image

Ada lagi kejadian aneh yang dialami oleh salah seorang teman saya, jadi sepulang les dari tempat kursus bahasa inggris yang ada di jalan Banda  dia hendak membeli sepatu olah raga di salah satu toko olah raga yang ada di jalan Sultan Agung, karena jaraknya cukup dekat teman saya itu memutuskan untuk berjalan kaki ke Jalan Sultan Agung melewati jalan Bahureksa. Nah, tepat di depan rumah kuno tersebut dia mendengar bunyi klakson mobil yang cukup nyaring. Ketika dia melihat ke arah mobil ambulans yang sedang tertutup terpal, dia langsung berlari sekencang kencangnya, teringat dengan cerita mobil ambulans misterius itu. Keesokan harinya dia bercerita tentang pengalaman anehnya semalam. Yang membuatnya yakin bahwa klakson itu berasal dari mobil ambulans karena tidak ada mobil yang lewat saat dia melintasi rumah tersebut. Mobil yang sedang terparkir disekitar rumah kuno itu juga tidak ada. Yang pasti dia merasa arah bunyi klakson dengan jelas datang dari mobil ambulans . Sampai saat ini juga dia heran bagaimana klakson mobil ambulans tersebut berbunyi mengingat mesin-mesin mobil itu sudah diangkat .

Image

Cerita yang berkembang di masyarakat mengenai Hantu Ambulance ini ternyata menarik perhatian sejumlah sineas Indonesia. Rumor Hantu Ambulance ini diangkat ke Layar lebar. Tak tanggung-tanggung pembuatan film ini menggandeng mantan Ratu Horror era 70an, Suzzana, untuk menambah kuat aroma mistis pada film ini. Meski tidak terlalu bagus, dari segi cerita dan segi-segi lainnya, film ini membuat cerita mengenai Hantu Ambulance di jalan Bahureksa no 15 semakin meluas. Tidak saja untuk masyarakat Bandung tapi juga orang-orang luar Bandung. Fenomena ini dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang menyewa rumah ini dan kemudian dibuatnya sebuah distro dengan nama “The Ambulance Shop”. Pengunjung distro ini sebagian besar memang datang dengan rasa penasaran terhadap Hantu Ambulance yang menjadi desas-desus masyarakat entah dari berapa tahun yang lalu.

Cerita–cerita yang berkembang di masyarakat seperti Hantu Nancy penghuni SMA 3, cerita mengenai Patung Pastor Belanda yang ada di Jalan Seram, termasuk cerita Hantu Ambulance ini adalah fenomena yang terjadi di masyarakat. Cerita-cerita ini biarlah berkembang dengan sendirinya sehingga akan memperkaya cerita yang berkembang di masyarakat, khususnya masyarakat Bandung. Masalah percaya atau tidak kita kembalikan pada masyarakat saja. Di Bandung hanya ada 2 buah mobil jenis ambulans Bahureksa. jenis mobilnya Fiat taon 70an. Kita bisa lihat satunya lagi di RS. Gardujati .

Makhluk Astral – Hantu Ambulance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s